Sabtu, 31 Mei 2014

ANALISIS PROGRAM PSC HOUSE OF DONATELLO MALANG

Penawaran program public service communication (PSC) yang telah ditawarkan kepada Donatello Malang telah disetujui oleh pihak manager Donatello, namun terdapat beberapa permintaan dari pihak manager donatello yakni tidak diperkenankan mengambil waktu kerja selama berjam-jam untuk mengumpulkan karyawan untuk mengadakan pelatihan/training program PSC kepada karyawan. Akhirnya, setelah kesepakatan selanjutnya program ini disetujui dengan pola memberikan training kepada karyawan secara personal atau face to face  ketika karyawan sedang tidak melayani pelanggan. Hal ini juga lebih disenangi oleh pihak Donatello karena dengan mengedepankan komunikasi interpersonal pada training ini, para karyawan akan lebih mudah menerima materi dan lebih dekat kepada pemberi materi, sehingga tidak canggung apabila ada pertanyaan atau bentuk aplikasi penerapannya pada pelanggan.  

Analisis kegiatan training pada House of Donatello Malang yang dilakukan pada Rabu, 21 Mei 2014 meliputi beberapa element, diantaranya sebagai berikut:
  1. Hambatan
Seperti yang telah kami ungkapkan di atas, bahwa terdapat hambatan yang cukup besar karena pihak manager Donatello tidak menghendaki adanya training yang memakan waktu dan tempat. Selain itu, kami tidak terlalu banyak menemui banyak hambatan. Karyawan Donatello Malang menerima kami dan materi yang kami bawakan dengan baik, situasi komunikasi terjadi dengan santai dan luwes serta materi diterapkan langsung saat itu juga kepada pelanggan. Selain karyawan, kami juga melatih pegawai training/magang Donatello. Selain itu hambatan yang kami rasa cukup berarti yakni tidak diperkenankannya kamera masuk ke area kantor, gudang, dan lobby kasir. Sehingga kita tidak memiliki dokumentasi di beberapa area tersebut.
    1. Manfaat
    Manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan program training adalah karyawan bisa 
    1.     Menjadikan perusahaan Donatello yang berkualitas dan dipercaya dalam berhubungan dengan konsumen
    2.     Mampu memahami dan menggali maksud, keinginan serta kebutuhan konsumen secara lebih cerdas
    3.     Mampu menyampaikan ide (gagasan) dengan lebih meyakinkan konsumen
    4.     Meningkatkan hubungan dengan konsumen dalam perusahaan untuk pencapaian kinerja dan komunikasi yang maksimal
    5.     Meningkatkan kualitas kerja dan menguatkan performa team,
    1. Solusi untuk hambatan
    Dari hambatan-hambatan yang kami sebutkan diatas, maka kami menggunakan alternatif pola training secara face to face pada setiap karyawan Donatello Malang. 

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar