LATAR BELAKANG
Kualitas pelayanan merupakan suatu bentuk penilaian
konsumen terhadap tingkat layanan yang diterima (perceived service) dengan tingkat layanan yang diharapkan (expected service). Kualitas layanan
mempunyai pengaruh terhadap kepuasan pelanggan. Menurut Philip Kotler (2005),
bahwa kepuasan pelanggan merupakan suatu perasaan senang atau kecewa seseorang
yang muncul setelah membandingkan antara persepsi atau kesannya terhadap
kinerja (hasil) suatu produk yang dihasilkan oleh perusahaan. Kepuasan
pelanggan didefinisikan sebagai evaluasi pasca konsumsi bahwa suatu alternatif
yang dipilih setidaknya memenuhi atau melebihi harapan pelanggan (Engel,
Blackwell and Miniard, 1990 dalam Tjiptono, 1999). Kepuasan pelanggan berkontribusi pada sejumlah aspek
krusial, seperti terciptanya loyalitas pelanggan, meningkatnya reputasi
perusahaan, berkurangnya elastisitas harga, berkurangnya biaya transaksi masa
depan, dan meningkatnya efisiensi dan produktivitas karyawan.
Dampak positif dari pelayanan yang baik akan
meningkatkan kepuasan dan kesetiaan pelanggan serta keinginan untuk melakukan
pembelian kembali (re-buying), yang tentunya akan meningkatkan pendapatan yang
diterima dari produk yang telah terjual. Agar dapat bersaing, bertahan hidup,
dan berkembang, maka perusahaan dituntut untuk mampu memenuhi kebutuhan dan
keinginan pelanggan dengan memberikan pelayanan yang terbaik dan berkualitas,
maka dengan begitu pelanggan akan merasa mendapat kepuasan tersendiri dan
merasa dihargai sehingga mereka senang dan bersedia untuk menjadi pelanggan
tetap.
House of Donatello merupakan salah satu perusahaan yang
didirikan pada tahun 1998 dengan menyediakan sepatu, tas dan sandal yang modis
sebagai produkutama. House of Donatello mempunyai beberapa outlet di beberapa
kota besar di Indonesia yaitu: Jakarta, Bandung, Surabaya, D.I.Y, Malang,
Semarang, Denpasar, dan Makassar. Segmentasi produk-produk Donatello
pada umumnya ditujukan untuk kalangan mulai dari mahasiswa, pekerja kantoran
menengah keatas (middle up) dan juga
untuk kalangan pria dan wanita dewasa. Karena design produk Donatello lebih
mengarah pada kesan casual, formal dan semi-formal. Dalam upaya meningkatkan
mutu serta kualitas pelayanan, baik dari segi pelayanan pegawai hingga
peningkatan mutu bagi House of Donatello. Kelompok kami akan bekerjasama dengan
House of Donatello cabang Malang untuk melakukan beberapa program service communication
yang akan kami rancang yaitu: berupa pelatihan atau Training Service Communication. dalam Training Service Communication ini terdapat dua point utma yang akan kami kupas secara habis, yakni penerapan dan implementasi management citra House of Donetello dan penyajian pelayanan prima. Hal
tersebut dilakukan karena untuk menggali potensi dari semua pegawai yang ada,
serta sebagai monitoring kualitas produk dan citra House of Donatello dihadapan masyarakat.
TUJUAN
Tujuan diadakannya program raining service communication Donatello adalah sebagai berikut:
- Tercapainya kualitas pelayanan maksimal oleh Donatello kepada konsumen
- Tercapainya kepuasan konsumen/pelanggan dengan menghadirkan service dan produk yang seuai dengan keinginan dan kebutuhan konsumen
- Agar tercipta hubungan timbal balik antara kosumen dan perusahaan untuk,pencapaian kinerja dan komunikasi yang maksimal sehingga akan menghasilkan keuntungan/profit yang besar bagi perusahaan karena loyalitas yang di berikan konsumen
MANFAAT
Dari
program pelatihan atau training service
communication Donatello yaitu penerapan management citra dan penyajian
pelayanan prima dapat diambil manfaat sebagai berikut :
1.
Menjadikan
perusahaan Donatello yang berkualitas dan dipercaya dalam berhubungan dengan
konsumen
2.
Mampu
memahami dan menggali maksud, keinginan serta kebutuhan konsumen secara lebih
cerdas
3.
Mampu
menyampaikan ide (gagasan) dengan lebih meyakinkan konsumen
4.
Meningkatkan
hubungan dengan konsumen dalam perusahaan untuk pencapaian kinerja dan
komunikasi yang maksimal
5.
Meningkatkan
kualitas kerja dan menguatkan performa team,
TIMELINE
Berdasarkan proses perencanaan yang
telah kami buat, kami membuat penjadwalan, media
list dan juga anggaran biaya untuk pelaksanaan program pelatihan atau tranning service exellenct Donatello.
Tabel
1. Jadwal Implementasi Program Pelatihan Service Exellenct Donatello
No.
|
Jadwal
|
Aktivitas
|
Waktu
|
Media
|
|
1.
|
Proses Lobbying dengan pihak Donatello
|
Lobbying kepada Donatello
|
17 Mei 2014
|
Observasi Langsung
|
|
Pengajuan
Program Pelatihan Service Exellenct Donatello
|
18 Mei 2014
|
Meeting
|
|||
2.
|
Proses Negosiasi terhadap klien
|
Membahas
mengenai konten acara pelatihan kepada karyawan
|
19 Mei 2014
|
Meeting
|
|
3.
|
Implementasi Program
Pelatihan
Service Exellenct Donatello
|
Implementasi
Program Pelatihan Service Exellenct Donatello
|
21 Mei 2014
|
Tranning
|
|
Evaluasi
terhadap Program Pelatihan
Service Exellenct Donatello
|
Meeting
|
||||
Sumber : Data Diolah oleh Penulis
ANGGARAN
BIAYA
Anggaran yang akan dikeluarkan untuk
tercapainya program yang meliputi keseluruhan biaya untuk Program Pelatihan Service Excellent Donatello.
Tabel
2. Anggaran Dana
No.
|
Nama Barang
|
Harga
|
Banyaknya
|
Total
|
1.
|
Bahan Materi Pelatihan
(Fotocopy)
|
Rp
1000
|
10
|
Rp. 10.000,00
|
2.
|
Ex-banner
|
Rp.
100.000,00
|
2
|
Rp.
200.000,00
|
3.
|
Konsumsi Peserta
|
Rp.
15.000,00
|
10
|
Rp.
150.000,00
|
4.
|
MC
|
Rp. 50.000,00
|
1
|
Rp. 50.000,00
|
TOTAL Rp.
410.000,00
|
Sumber : Data Diolah oleh
Penulis
Lanjutkan
BalasHapusCatatan:
Donatello malang memiliki standar pelayanan yg berbeda dg donatello bandung